Optimasi
Seoptimasi: Meningkatkan Konversi Website dan Blog untuk landing page dan penjualan

Meningkatkan Konversi Website dan Blog untuk landing page dan penjualan

Dalam dunia Marketing dan Campaign Measurement , web adalah merupakan sebuah tambang emas. Hampir setiap metrik dapat diukur secara online. Namun dari semua hal tersebut tentunya anda harus melakukan, pengukuran, menimbang dan menganalisis, satu-satunya metrik yang benar-benar penting adalah konversi .yaitu Daftar harga, tampilan halaman, waktu yang dihabiskan di situs, jumlah halaman dibaca, akses masuk dan keluar, dan termasuk user yang meninggalkan atau mengabaikan blog anda, semua metrik tersebut sangatlah fantastis, tetapi jika Anda tidak menggunakannya untuk meningkatkan tingkat konversi Anda, maka mengapa repot-repot bikin site atau blog?

Pengertian Konversi


Kebanyakan orang melihat situs web hanya pada sebatas satu kesatuan tetapi dalam kenyataannya sebuah website atau blog adalah kumpulan dari banyak komponen.sebenarnya Komponen (halaman web) tersebut adalah langkah-langkah dasar bagi tiap user sebagai pemandu yang mengarahkan pengunjung Anda ke tujuan tertentu (konversi). jika web atau blog tersebut dapat anda maksimalkan cara kerjanya maka Anda akan melihat peningkatan tingkat konversi dan penjualan. karena jika anda tidak atau salah mengoptimalkannya maka pengunjung akan meninggalkan blog anda sebelum mencapai tujuan konversi.

Setiap titik masuknya pengunjung ke blog Anda (baik itu melalui main page atau page lainnya) maka jadikanlah page tersebut sebagai titik awal yang akan membawa pengunjung Anda langkah demi langkah menuju tujuan konversi. Dalam rangka untuk memandu pengunjung Anda dari titik awal ke titik akhir, Anda perlu memastikan bahwa setiap langkah di sepanjang alur sejajar dengan berikutnya, sinkron dan tak terputus.

Tujuh langkah kekuatan konversi

Langkah 1: Membangun alur ke titik konversi

Langkah Konversi

Sama seperti buku yang perlu memiliki awal, tengah dan akhir, begitu juga seharusnya dengan blog anda. Semua langkah-langkah, dari awal sampai akhir, perlu bekerja sama untuk membawa pengunjung menuju tujuan akhir. Namun, bukan berarti harus selalu titik awal tersebut adalah beranda. akan tetapi, di page mananapun search engine membawa user pada blog anda,maka page tersebut haruslah pandai untuk membujuk pengguna tersebut untuk meng-klik page-page lain di dalam blog anda.

Hal tersebutlah yang membuat konversi adalah sebuah tantangan bagi pemilik blog,akan tetapi hal tersebut tidaklah sulit,landing page pertama harus dapat bertindak secara independen,dengan memilki sebuah awal dan tengah yang selalu membimbing user pada titik akhir,maka jadikanlah setiap page anda sebagai sebuah langkah awal dalam proses konversi,baik itu dengan menyediakan link,banner dan sebagainya

Langkah 2: membuat alur alternatif ke titik konversi

Tidak senua pengunjung memiliki keinginan yang sama,maka jika anda hanya menyediakan satu langkah untuk mencapai konversi,maka dengan begitu anda tentu akan sangat banyak memerlukan kunjungan dari user,bandingkan jika anda benar-benar mengkonversi page anda sesuai aturan,maka untuk satu pengunjung saja akan terjadi beberapa klik pada blog anda.

20 pengunjung hadir pada salah satu page anda,namun tidak semua akan mengikuti alur yang sama,alur untuk sebuah konversi harus memberikan ketepatan untuk pencarian user,berikan beberapa pilihan link,akan tetapi jangan sampai terlalu banyak atau berlebihan,hal ini justru malah akan membuat user bingung dan meninggalkannya.anda dapat mempersempit ke pilihan yang paling umum dan signifikan,sehingga anda bisa yakin terhadap pemenuhan kebutuhan para pengguna.

Langkah 3: Periksa jalur konversi Anda

Setelah Anda membuat alur untuk konversi blog anda maka Anda perlu untuk memeriksanya. Tempatkan diri Anda sebagai salah seorang dengan begitu anda akan mengetahui apakah alur konversi blog anda dapat memancing beberapa klik ke beberapa page lain,apakah sesuai dengan apa yang dicari dan seberapa tertariknya anda hingga betah berlama-lama membaca page yang ada pada blog terseut.

Koreksi tiap hambatan yang dapat membuat pengunjung meninggalkan blog anda sebelum tujuan konversi tercapai,lengkapi informasi yang terasa kurang,beberapa kesalahan yang tidak sengaja dibuat pada tiap halaman,link rusak,dan lainnya.

Langkah 4: Perbaiki langkah yang rusak di sepanjang alur konversi

Setelah Anda menemukan masalah dengan jalur konversi Anda,dan kemudian  memperbaikinya. Penambalan lubang, mengisi celah-celah atau meningkatkan kinerja dari setiap langkah di sepanjang alur. Gunakan analisis untuk mengidentifikasi masalah dan menguji berbagai versi untuk mengetahui mana yang berperforma lebih baik.

Langkah 5: Menambah atau menghapus langkah-langkah untuk membuat jalur yang paling efisien

Sekali lagi, dengan menggunakan analisis Anda, menentukan apakah ada tempat di mana langkah-langkah yang perlu ditambahkan atau dihapus untuk membuat proses konversi yang lebih efisien. Tujuan Anda adalah untuk membuat situs se efisien mungkin.tambahkan kekurangan dan kurangi kelebihan yang terdapat pada alur konversi.agar para pengunjung bisa menilai bahwa page anda bermanfaat dan layak untuk dibaca

Ingat, setiap tujuan individu user itu berbeda. pastikan beberapa alur konversi mempunyai titik yang dalam,dan sebagian hanya beberapa kaitan antar page,dan pastikan tiap page memiliki beberapa pilihan yang berbeda pula bagi tiap audien.

Langkah 6: Membuat dan menguji jalur baru

Uji ulang jalur konversi yang telah anda rampungkan agar semuanya berfungsi sebagaimana mestinya, saatnya untuk mulai membangun dan menguji jalur baru. Pertimbangkan pengguna Anda dengan hati-hati.. Pertama adalah dengan menciptakan alur konversi untuk target audien utama anda yang datang melalui klikan bilah markah dan langsung menuju ke blog anda. lalu berikanlah sejumlah akomodasi kepada mereka agar mudah surfing ditiap halaman anda. baik itu untuk target yang umum ataupun target yang lebih luas. 

Langkah 7: Uji batu loncatan baru

Pada tahapan ini untuk proses konversi Anda harus mempunyai alur konversi tingkat tinggi,jangan pernah berhenti untuk mencari dan menciptakan peluang baru untuk meningkatkan prosesi konversi,coba dan coba lagi,terkadang dengan menambahkan langkah-langkah baru dapat sangat membantu untuk meningkatkan konversi terhadap audien baru dengan tempat destinasi yang baru pula,hanya saja anda perlu juga tetap mengawasi setiap efek yang di timbulkannya,karena tujuannya disini adalah untuk perbaikan,bukan untuk menambah kerunyaman.

Membangun jalan kohesif dari titik landing page bagi pengunjung ke arah tujuan konversi tidak lah mudah. semudah teori yang saya tulis ini.yang membuatnya bahkan lebih sulit adalah Anda tidak pernah tahu akan preferensi atau kebutuhan setiap individu. Tapi dengan meluangkan waktu untuk mengenal dan memahami audiens Anda tentunya Anda dapat menemukan cara untuk membangun dan memperbaiki jalur konversi yang akan anda hidagkan kepada sebagian besar pengunjung Anda adalah sebuah langkah yang bijak.

Jika anda telah mengikuti ketujuh langkah yang saya tuliskan diatas tentang membuat beberapa alur konversi,maka tidak akan ada kekawatiran untuk kehilangan pengunjung blog anda,bahkan sebaliknya,anda akan terus di hadapkan pada audien baru dan tempat yang telah menjadi target sebelumnya.dan hal itu adalah merupakan sebuah keuntungan yang besar tentunya bagi blog anda.


jika masih terdapat banyak kekurangan,silahkan tambahkan dan berbagi disini,karena ilmu yang sya dapatkan dalam dunia blogong ini masih sangat terbatas.

demi kesuksesan anda,terima kasih.




Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Yuk ! Kita budayakan relevansi berkomentar dan tidak membuat SPAM