Optimasi
Seoptimasi: Cara Optimasi Konten dalam Keputusan,Tujuan,Waktu dan Tempat

Cara Optimasi Konten dalam Keputusan,Tujuan,Waktu dan Tempat

Masih dalam ingatan saya,saat salah seorang pengunjung pernah bertanya pada kolom komentar,bagaimana caranya untuk mengoptimalkan kemampuan blog pada SERP untuk daerah yang ditargetkan saja.atau mengkhususkan beberapa page saja untuk target area.

Pertanyaan itu sangatlah menantang untuk saya tanggapi,sehingga memutuskan saya untuk lebih mempelajari solusi yang terbaik untuk menyikapinya,dan kini akan saya jelaskan bagaimana diagram tersebut bisa diterapkan.


Kunci Emas untuk Optimasi Konten
 Image source : http://www.inc.com


Berikut Panduan untuk mengoptimasi konten agar lebih SEO Friendly sesuai Target Audien

Tema Konten

tanyakan dulu dalam diri anda saat membuat sebuah konten,tema apakah yang akan anda buat !

Jika anda bisa menjawabnya,maka jawaban tersebut adalah sebuah kunci emas dan yang akan dijadikan sebuah "Keyword" untuk memulai pembuatan konten anda.

Anggap saja jika anda ingin memasarkan sebuah produk software menggunakan media  blog di daerah antah berantah.maka yang perlu anda perhatikan jika menyangkut tema adalah :

1. berapa banyak pengguna software yang ada disana
2. jika banyak,apakah mereka termasuk pemakai software yang aktif atau pasif.
3. jika aktif,seberapa besar minat mereka terhadap software baru

Tujuan dari  Konten

Yang anda patut tanyakan pula pada diri anda adalah apa sih tujuan konten yang akan anda buat !, apakah menyajikan berita,pendidikan,hiburan,dagang atau jasa.

dan kali ini kita anggap saja tujuan dari pembuatan sebuah konten tersebut untuk memberitahukan bahwa anda telah pernah menghadiri demo software yang anda jual pada pameran EXPO di negeri Ramayana.lalu kemudian membubuhinya dengan sedikit latar belakang tentang manfaat dan kegunaan software tersebut.

Relevansi Waktu

Pertanyaan berikutnya untuk diri anda adalah seberapa lama konten yang akan anda buat akan tetap relevan dan up to date.

1. Jika konten anda tentang pendidikan maka relevansinya tidak ada batasan waktu
2. Jika tentang sebuah produk maka relevansinya akan habis jika sudah keluar versi terbaru
3. Jika tentang berita,maka hanya pada sebatas berita itu diperbincangkan
4. atau pula tentang sebuah peristiwa yang akan terulang kembali setiap priode waktu tertentu

Optimasi Konten

Jika sudah mulai memasuki tahapan ini,hal berikutnya yang harus anda tanyakan dalam diri anda adalah :

1. Apakah sudah menemukan Keyword yang hendak digunakan
2. Apakah akan menyertakan Link ke page sendiri atau site lainnya
3. kemudian,Apa judul dan diskripsi saling berkaitan dan seiring dengan tag meta

Membuat keputusan

Intinya adalah jangan menyamaratakan dalam optimasi pada tiap konten yang anda buat.karena tiap konten punya judul,diskripsi,tema dan tujuan yang berbeda pula secara explicit.bisa saja salah satu konten anda optimal dengan menyertakan keyword,namun adapula yang pengoptimasinya hanya menggunakan link.yang jelas,gunakan akal dan insting anda.

Contoh :

Ada sebuah blog yang menon-aktifkan optimasi kontennya yang berisi tentang Pameran EXPO Software minggu depan jika acara expo tersebut berakhir,dan akan menonjolkan halaman lain namun tetap dalam satu tema untuk dioptimasi,maka yang perlu dilakukan adalah dengan membuat 2 buah keyword phrase dan link yang akan menghubungkan ke halaman yang di nonaktifkan tersebut optimasinya,


Tabel Konsiderasi,Tujuan dan Timing


Ingat,ini bukanlah merupakan sebuah menu yang disodorkan kepada anda untuk memilih jenis makanan,namun lebih menitik beratkan pada cara anda mengambil keputusan yang sesuai dengan tujua,tempat dan waktu.

Optimasi adalah menyangkut hal-hal penting pada blog anda,jangan sampai anda salah mengkolaborasikan tiap elemen tersebut,agar daya gedor serangan SEO anda terhadap Search engine akan meningggalkan kesan yang akan selalu dikenang pada halaman SERP para webmaster.

Semoga bermanfaat bagi anda dan dapat mengjhasilkan ide-ide cemerlang dalam keputusan pembuatan konten diwaktu yang tepat pula.

terima kasih



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Yuk ! Kita budayakan relevansi berkomentar dan tidak membuat SPAM