Salah satu hal yang paling penting dalam SEO namun sering diabaikan adalah optimasi pada skema mark up.karena untuk optimasi ber-genre "mark up" sangat sulit diterapkan secara spesifik walau sangat mudah pengujarannya dalam kata-kata.mengap harus memakai schema mark up?,seperti judul diatas,Schema Mark Up Elemen SEO Friendly Untuk Memudahkan Pencarian Search Engine.atau dengan kata lain dengan anda menerapkan schema mark up pada template HTML anda maka search engine akan lebih mudah mengenali situs/blog anda,terutama bagi para pelaku bisnis lokal untuk kemudahan memasarkan jenis produk yang ditawarkan,
Walaupun schema mark up ini sudah ada semenjak beberapa tahun yang lalu,namun relatif sedikit yang mau repot untuk mengaplikasikn microdata mereka dengan alasan sangat rumit bagi orang awam.padahal jika ditinjau dari tujuan dan hasil yang kan diraih secara integral dari salah satu strategi SEO yang jarang dimiliki pesaing bisnis anda walau dalam koridor memasarkan produk yang sama.
Apakah Schema itu?
Schema adalah sebuah jenis susunan microdata atau pecahan yang spesifik dari kalimat tertulis yang diperuntukkan sebagai perujuk bagi search engine agar lebih mudah mengenali konten anda secara informasi yang spesifik untuk melakukan relevansi berdasarkan permintaan yang dilakukn pada pencarian yang diketik pada markah browser.contohnya saja apa yang dilakukan oleh schema.org
Apa itu schema.org?
Schema .org bagaikan sebuah rumah berbentuk web yang dihasilkan dari kolaborasi Google,Bing,Yahoo dan Yandex untuk proyek struktur standar Skema mark up.
Bagaimana cara kerjanya?
sama halnya seperti format mark up lainnya,tipe file HTML tipe microdata dengan berbagai atributnya akan diterapkan atau ditambahkan pada jajaran HTML template situs/blog anda dengan tujuan sebagai tambahan informasi yang lebih spesifik dan terstruktur dengan baik kepada Search Engine agar dlam perayapannya membuat situs nda selalu diutamakan karena akses kemudahannya.
seperti apa Skema itu?
Skema paling umum menggunakan berbagai atribut tambahan diluar HTML anda.seperti :
Contoh :
<Section> Halo, nama saya adalah bang jali, saya pemilikdi wara wiri onlineshop.
Teman saya memanggil saya bang Jali.
Anda dapat kunjungi situs saya di <a href = "http://www.bangjali.com"> www.bangjali.com </ a>.
Saya tinggal di jl.orang kaya sedunia, condet, jakarta </ section>.
Setelah menggunakan Schema mark Up hasilnya akan seperti berikut :
Maka Search Engine akan menguraikannya seperti berikut :
Barang
Jenis: http://schema.org/Person
name = Bang jali
jabatan = pemilik
afiliasi = Wara wiri onlineshop
additionalName = bang Jali
url = http://www.bangjali.com/
alamat = Barang (1)
Item 1
Jenis: http://schema.org/PostalAddress
streetAddress = jl.orang kaya sedunia
addressLocality = Condet
addressRegion =jakarta
dan masih banyak contoh-contoh yang lain.
Google tidak menjadikannya sebagai nilai untuk Ranking,namun lebih merujuk kepada meningkatkan kepada konsistensi keberadaan pada visibilitas hasil SERP dengan kriteria format relevansi.dengan kata lain schema dapat meningkatkan taraf SEO anda sebanyak 40%.karena dengan schema akan membuat search engine lebih mudah menafsirkan isi dari konten anda secara efektif dan menonjolkannya pada hasil pencarian dengan alasan sangat mudah di crawler oleh search engine
Apa manfaatnya jika menggunakan schema mark up bagi saya?
Selain untuk kemudahan web crawler mencari,manfaatnya adalah dalam kemudahan mengkategorikannya,menandainya dengan Highlight pada elemen penting dalam konten anda juga akan menampilkan rich snippet anda berfokus pada kalimat penting sesuai dengan apa yang hendak anda tampilkan
Namun bagaimana jika saya ingin menerapkan Schema Mark Up pada keseluruhan Situs/Blog saya?
Anda bisa membuatnya langsung di Schema.org atau W3C.org .
Susah?,Ribet?kurang mengerti?
Kami bersedia membantu anda untuk membuat template HTML anda menjadi microdata berbasis Schema Mark Up.
Untuk karya jasa seperti ini biasanya ditawarkan mulai dari harga $90 samapi $150,untuk dalam negri masih belum ada jasa mark up.namun disini apa yang kami ingin berikan adalah sebuah layanan gratis Schema Mark Up.silahkan anda isi formulir isian dibawah ini untuk mark up template anda
Template hasil mark up akan dikirimkan tim SEOptimasi ke alamat email anda,namun HTML anda harus generasi HTML 5.sedangkan untuk HTML keluaran lama anda akan dikenakan biaya,tergantung karakteristik template anda.
Walaupun schema mark up ini sudah ada semenjak beberapa tahun yang lalu,namun relatif sedikit yang mau repot untuk mengaplikasikn microdata mereka dengan alasan sangat rumit bagi orang awam.padahal jika ditinjau dari tujuan dan hasil yang kan diraih secara integral dari salah satu strategi SEO yang jarang dimiliki pesaing bisnis anda walau dalam koridor memasarkan produk yang sama.
Apakah Schema itu?
Schema adalah sebuah jenis susunan microdata atau pecahan yang spesifik dari kalimat tertulis yang diperuntukkan sebagai perujuk bagi search engine agar lebih mudah mengenali konten anda secara informasi yang spesifik untuk melakukan relevansi berdasarkan permintaan yang dilakukn pada pencarian yang diketik pada markah browser.contohnya saja apa yang dilakukan oleh schema.org
Apa itu schema.org?
Schema .org bagaikan sebuah rumah berbentuk web yang dihasilkan dari kolaborasi Google,Bing,Yahoo dan Yandex untuk proyek struktur standar Skema mark up.
Bagaimana cara kerjanya?
sama halnya seperti format mark up lainnya,tipe file HTML tipe microdata dengan berbagai atributnya akan diterapkan atau ditambahkan pada jajaran HTML template situs/blog anda dengan tujuan sebagai tambahan informasi yang lebih spesifik dan terstruktur dengan baik kepada Search Engine agar dlam perayapannya membuat situs nda selalu diutamakan karena akses kemudahannya.
seperti apa Skema itu?
Skema paling umum menggunakan berbagai atribut tambahan diluar HTML anda.seperti :
Elemen Schema Mark Up | |
<itmescope> |
Menjelaskan tentang informasi jenis barang/benda yang anda miliki dalam situs anda menurut tingkat akurasi dan ter-spesifik
|
<itemtype> |
Menjelaskan tentang URL yang valid sebagai sebuah konteks menurut sifat dan kegunaannya
|
<itemid> |
Informasi yang menunjukkan identitas yang akan ditonjolkan pad hasil SERP
|
<itemtrop> |
menunjukkan nilai konteks sebuah abstraksasi dari sebuah properti tertentu terdiri dari nilai string,anda juga bisa menerapkan URL atau atribut HTML seperti (a) ,(href),(img src) atau unsur dan elemen lain seper sebuah link dengan tujuan inbound dan outbound.
|
<itemref> |
informasi kepada search engine yang digunakan sebagai pendukung pernyataan tempat pada sebuah dokumen yang biasanya berkaitan dengan elemen <itemtrop>
|
Contoh :
<Section> Halo, nama saya adalah bang jali, saya pemilikdi wara wiri onlineshop.
Teman saya memanggil saya bang Jali.
Anda dapat kunjungi situs saya di <a href = "http://www.bangjali.com"> www.bangjali.com </ a>.
Saya tinggal di jl.orang kaya sedunia, condet, jakarta </ section>.
Setelah menggunakan Schema mark Up hasilnya akan seperti berikut :
<section itemscope itemtype="http://schema.org/Person">
Halo, nama saya
<span itemprop="name">bang Jali</span>,
Saya adalah seorang
<span itemprop="jabatan">pemilik</span>
di
<span itemprop="affiliation">wara wiri onlineshop</span>.
Teman saya biasanya memanggil saya
<span itemprop="additionalName">bang jali</span>.
Kunjungi saya di
<a href="http://www.bangjali.com" itemprop="url">www.bangjali.com</a>.
<section itemprop="address" itemscope itemtype="http://schema.org/PostalAddress">
Saya tinggal di
<span itemprop="streetAddress">jl.orang kaya sedunia</span>,
<span itemprop="addressLocality">condet</span>,
<span itemprop="addressRegion">jakarta</span>.
</section>
</section>
Maka Search Engine akan menguraikannya seperti berikut :
Barang
Jenis: http://schema.org/Person
name = Bang jali
jabatan = pemilik
afiliasi = Wara wiri onlineshop
additionalName = bang Jali
url = http://www.bangjali.com/
alamat = Barang (1)
Item 1
Jenis: http://schema.org/PostalAddress
streetAddress = jl.orang kaya sedunia
addressLocality = Condet
addressRegion =jakarta
dan masih banyak contoh-contoh yang lain.
Google tidak menjadikannya sebagai nilai untuk Ranking,namun lebih merujuk kepada meningkatkan kepada konsistensi keberadaan pada visibilitas hasil SERP dengan kriteria format relevansi.dengan kata lain schema dapat meningkatkan taraf SEO anda sebanyak 40%.karena dengan schema akan membuat search engine lebih mudah menafsirkan isi dari konten anda secara efektif dan menonjolkannya pada hasil pencarian dengan alasan sangat mudah di crawler oleh search engine
Apa manfaatnya jika menggunakan schema mark up bagi saya?
Selain untuk kemudahan web crawler mencari,manfaatnya adalah dalam kemudahan mengkategorikannya,menandainya dengan Highlight pada elemen penting dalam konten anda juga akan menampilkan rich snippet anda berfokus pada kalimat penting sesuai dengan apa yang hendak anda tampilkan
Namun bagaimana jika saya ingin menerapkan Schema Mark Up pada keseluruhan Situs/Blog saya?
Anda bisa membuatnya langsung di Schema.org atau W3C.org .
Susah?,Ribet?kurang mengerti?
Kami bersedia membantu anda untuk membuat template HTML anda menjadi microdata berbasis Schema Mark Up.
Untuk karya jasa seperti ini biasanya ditawarkan mulai dari harga $90 samapi $150,untuk dalam negri masih belum ada jasa mark up.namun disini apa yang kami ingin berikan adalah sebuah layanan gratis Schema Mark Up.silahkan anda isi formulir isian dibawah ini untuk mark up template anda
Template hasil mark up akan dikirimkan tim SEOptimasi ke alamat email anda,namun HTML anda harus generasi HTML 5.sedangkan untuk HTML keluaran lama anda akan dikenakan biaya,tergantung karakteristik template anda.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Yuk ! Kita budayakan relevansi berkomentar dan tidak membuat SPAM