Optimasi
Seoptimasi: Cara Meningkatkan SEO Onlineshop Berbasis Website dan Blogger Blogspot

Cara Meningkatkan SEO Onlineshop Berbasis Website dan Blogger Blogspot

Dengan SEGALA HORMAT ,Kami mohon dukungan dan Partisipasinya dalam membebaskan Indonesia dari reputasi BURUK oleh Search Engine Google,Yahoo & Bing sebagai Negara Penghasil SPAM dan SPAMMER terbanyak ke-3 (tiga) didunia, Kami minta waktu anda sejenak untuk bergabung pada komunitas SEO Indonesia tanpa SPAM dan SPAMMER,terima kasih atas partisipasinya.

Kendala yang dihadapi paling umum dalam mengelola onlineshop di indonesia adalah sulitnya mengoptimasi agar mampu bersaing pada halaman pertama SERP.karena memang perwatakan para pemilik onlineshop di indonesia sangat jarang ada yang mau bersatu dalam hubungan sebagai sesama pengguna situs dan blog onlineshop.aroma persaingan sangat kental terasa apabila sudah menjurus pada pertanyaan tentang cara meningkatkan SEO Onlineshop,apalagi jika Berbasis Website dan Blogger Blogspot.

cara Meningkatkan SEO Onlineshop
terlepas dari "persaingan" tersebut,anda tentu harus bisa menegaskan bahwa apa yang anda lakukan pada onlineshop anda adalah sebuah optimasi yang benar dan akurat.jangan sampai anda terbawa arus yang menggiurkan dengan optimasi instant dengan embel-embel "Trik Jitu SEO Onlineshop dengan mudah".

sebenarnya SEO tidaklah mudah dan gampang.anda perlu waktu,tenaga,pikiran bahkan uang.namun dengan usaha secara step by step dan kesabaran,insya allah usaha anda tidak sia-sia dalam Meningkatkan SEO Onlineshop yang anda miliki.nah,tentu anda tahu sendiri kenapa harga dari Jasa SEO itu mahal.karena optimasi itu memang susah dan ribet.hanya niat ketekunan dan kerja keras lah yang akan membawa anda menjadi nomer #1 di Google.
 

salah satu cara meningkatkan SEO untuk onlineshop adalah :

1. Anda harus tahu,di urutan manakah onlineshop anda berada pada hasil pencarian SERP.tujuannya adalah agar optimasi yang hendak dilakukan sesuai dengan kadarnya,jangan sampai berlebihan,karena jika tidak sesuai maka dapat berakibat fatal.optimasi anda justru bisa berubah menjadi pengolahan SPAM menurut algoritma Google Penguin.untuk mengukurnya anda bisa mengunjungi salah satu dari sekian banyak tool yang mampu mengidentifikasi eksistensi onlineshop anda mulai dari keyword dan lainnya khusus tentang onlineshop.silahkan kunjungi Shopify dengan mengklik link dibawah ini


2. Anda juga harus punya target lokasi penjualan,apakah produk anda untuk seluruh dunia atau hanya lokal berada di indonesia,arena optimasi untuk global dan lokal sangatlah berbeda.jadi jangan sampai anda salah kaprah (Have Lost Target Audien).

Optimasi URL Onlineshop anda dengan menggunakan kode .gl pada URL parameter jika tujuan anda seluruh dunia,hal ini sangat jarang dilakukan para onlineshop pesaing anda,mungkin karena malas atau belum tahu.
  • Buatlah URL Query anda lebih pendek dan cantumkan keyword sesuai gambaran produk (Edit di Goo.gl) Tujuan : diutamakan SERP dan Meningkatkan Rangking
  • Cantumkan waktu jika URL anda berbasis waktu,Hari jika ingin berbasis hari,bulan dan tahun jika ingin berbasis bulan dan tahun (Edit di Goo.gl),Tujuan : diutamakan SERP dan Meningkatkan Rangking, link berikut menuju ke goo.gl untuk mengunjunginya >> http://goo.gl/
  • setelah itu edit di Google Webmaster URL Parameter jika tujuan anda daerah lokal dengan menambahkan "&gl=kode negara tujuan" untuk indonesia kode negara adalah "id" pada tiap akhir url Tujuan : mengoptimalkan agar tepat sasaran dengan hasil yang sesuai dengan snippet pencarian pada SERP dan menghindarkan Duplikat Konten. link untuk ke Google Webmaster >> https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=en  


goo.gl Mengubah URL agar lebih pendek dan destinasi tujuan

3. Buatlah APIs Meta-Array , Jika anda mengerti tentang Optimasi menggunakan API Key dan OAuth,anda bisa mengunjunginya secara langsung,dengan API Key anda bisa membuat sebuah optimasi untuk meta keyword SEO Friendly dan kode json dll, yang sangat bagus diterapkan pada header HTML anda,buat sebuah "metarray" untuk pendukung optimasi konten anda.dengan menggunakan APIs meta maka insya allah onlineshop anda akan selalu terdepan dan selalu direlevansikan oleh Search Engine.Gunakan OAuth 2.0 untuk mengaksesnya.namun jika anda merasa kesulitan dalam hal ini anda bisa melewatkannya ketahap point nomer 4 dibawah.

dengan APIs Meta anda bisa mengkombinasikannya dengan kode HTML yang fungsinya sangat powerfull,seakan akan onlineshop anda bilang pada search engine sambil mencoleknya di pinggang dan bilang "nanti kalau ada yang nyari produk saya tolong bawa kesini ya,jangan lupa"...hehehe,begitu kira-kira logatnya,
  • Klik link berikut https://console.developers.google.com/
  • Klik Project
  • pada widget sidebar kiri pilih APIs & auth
  • Klik APIs
  • Di sidebar kiri Credentials,APIs tersebut support dua credentials.
atau anda bisa menggunakan API Key script yang sudah jadi,seperti yang saya terapkan pada salah satu toko online milik kerabat yang alhamdulillah selalu ada dihalaman utama SERP walau terkadang bukan peringkat 1 dan 2.,berikut kode-nya

Letakkan kode HTML berikut dibawah tag <head> 

<meta content='IE=EmulateIE7' http-equiv='X-UA-Compatible'/> <b:if cond='data:blog.isMobile'>      <meta content='width=device-width,initial-scale=1.0,minimum-scale=1.0,maximum-scale=1.0' name='viewport'/>    <b:else/>      <meta content='width=1100' name='viewport'/>    </b:if><b:include data='blog' name='all-head-content'/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'><title><data:blog.pageTitle/> | Tambahan Keterangan Blog anda</title><b:else/><title><data:blog.pageName/> | learning Blogging</title></b:if>                                                                                                                                                                  
<meta content='Diskripsi blog anda' name='description'/><b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'>  <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/></b:if>
        <meta content='3 days' name='revisit-after'/>
        <meta content='842002FC0A683BE4CIUB610D73D01A58' name='msvalidate.01'/>
        <meta content='NUmrQ_sjhe78YkKoNbwtrYUTxKI' name='alexaVerifyID'/>
        <meta content='ALL' name='WEBCRAWLERS'/>
        <meta content='document' name='resource-type'/>
        <meta content='global' name='distribution'/>
        <meta content='eg' http-equiv='Content-Language'/>
        <meta content='eg' name='geo.country'/>
        <meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
        <meta content='never' name='expires'/>
        <meta content='Nama Anda' name='author'/>
        <meta content='general' name='rating'/>
        <meta content='global' name='target'/>
        <meta content='ALL' name='spiders'/>
        <meta content='index,follow,snipet' name='googlebot'/>                                                                    
        <meta content='Blogger' name='publisher'/>                                                                                        
"1100" adalah lebar body conten anda,silahkan sesuaikan dengan body onlineshop anda
msvalidate.01 : Kode Verifikasi Google Webmaster
alexaVerifyID  : Kode Verifikasi Alexa

Kemudian letakkan Kode MetaArray berikut diatas </body>

<script language='JavaScript'><!--
$('<meta>', {
 name: 'IE=EmulateIE7',
 content: 'data:blog.isMobile'
}).appendTo('head');
 name: 'viewport',
 content: 'width=device-width, minimum-scale=1.0, maximum-scale=1.0'
}).appendTo('head');
    function setOrCreateMetaTag(metaName, name, value) {
        var t = 'meta['+metaName+'='+name+']';
        var mt = $(t);
        if (mt.length === 0) {
            t = '<meta '+metaName+'="'+name+'" />';
            mt = $(t).appendTo('head');
        }
        mt.attr('content', value);
    }
}
//--></script>
<script language="JavaScript"><!--
if (document.getElementsByName) {
  var metaArray = document.getElementsByName('revisit-after');
  for (var i=0; i<metaArray.length; i++) {
    document.write(metaArray[i].content + '<br>'); } var metaArray = document.getElementsByName('msvalidate.01'); for (var i=0; i<metaArray.length; i++) { document.write(metaArray[i].content + '<br>');
  } var metaArray = document.getElementsByName('alexaVerifyID');  for (var i=0; i<metaArray.length; i++) { document.write(metaArray[i].content + '<br>');
  } var metaArray = document.getElementsByName('WEBCRAWLERS');
  for (var i=0; i<metaArray.length; i++) { document.write(metaArray[i].content + '<br>');
  } var metaArray = document.getElementsByName('resource-type');
  for (var i=0; i<metaArray.length; i++) { document.write(metaArray[i].content + '<br>');
  } var metaArray = document.getElementsByName('distribution');
  for (var i=0; i<metaArray.length; i++) {  document.write(metaArray[i].content + '<br>');
  } var metaArray = document.getElementsByName('Content-Language');
  for (var i=0; i<metaArray.length; i++) {
    document.write(metaArray[i].content + '<br>');
  } var metaArray = document.getElementsByName('geo.country');
  for (var i=0; i<metaArray.length; i++) { document.write(metaArray[i].content + '<br>');
  }
  var metaArray = document.getElementsByName('geo.placename');
  for (var i=0; i<metaArray.length; i++) {
    document.write(metaArray[i].content + '<br>');
  } var metaArray = document.getElementsByName('expires'); for (var i=0; i<metaArray.length; i++) {
    document.write(metaArray[i].content + '<br>');
  } var metaArray = document.getElementsByName('author');  for (var i=0; i<metaArray.length; i++) {   document.write(metaArray[i].content + '<br>');
  }  var metaArray = document.getElementsByName('rating');  for (var i=0; i<metaArray.length; i++) {
    document.write(metaArray[i].content + '<br>');
  }
  var metaArray = document.getElementsByName('target');
  for (var i=0; i<metaArray.length; i++) {
    document.write(metaArray[i].content + '<br>');
  }
  var metaArray = document.getElementsByName('spiders');
  for (var i=0; i<metaArray.length; i++) {
    document.write(metaArray[i].content + '<br>');
  }
  var metaArray = document.getElementsByName('googlebot');
  for (var i=0; i<metaArray.length; i++) {
    document.write(metaArray[i].content + '<br>');
  }
  var metaArray = document.getElementsByName('publisher');
  for (var i=0; i<metaArray.length; i++) {
    document.write(metaArray[i].content + '<br>');
  }
}
//--></script>

dan save

4. Kemudian selanjutnya anda juga harus tahu siapa saja dan kalangan mana saja yang menjadi calon audien anda,anda tidak bisa sembarangan,agar onlineshop anda punya otorits tertinggi daripada onlineshop pesaing anda.karena sebagian besar onlineshop di indonesia melakukan SEO Curang (Black Hat SEO),bahkan ada yang sudah mampu mengelabui algoritma dengan kode hack influence walau hanya beberapa Hacker yang mengetahuinya dengan tujuan "Getting High Budget for Own Pocket".

jika anda tidak mau repot dengan masalah target audien salah satu solusi yang pas untuk jalan keluarnya anda bisa menerapkan kode "hreflang" Untuk memilih audien secara otomatis dimana tempat audien anda berada sesuai bahasa yang mereka miliki dan kebiasaan mereka mengakses IP adress begitu komputer dan laptop mereka aktif.

untuk menerapkan "hreflang" anda bisa menemukannya di blog ini dengan memasukkan kode kalimat hreflang pada kolom "Cari Artikel SEO Lainnya" di atas,kemudian klik cari.

5. Gunakan Sertifikat Digital SSL untuk menambah 50% kepercayaan semua Search Engine,Google,Yahoo dan Bing dan kepercayaan calon audien anda.dengan punya sertifikat digital maka secara otomatis web crawler akan selalu mengutamakan untuk merayapi onlineshop anda

sertifikat digital
Sertifikat Kepercayaan dan Keamanan Digital

Jika anda ingin membuat SSL Cert maka anda harus terlebih dahulu menyiapkan CSR (Certificate Signing Request).untuk membuatnya anda bisa langsung ke situs CSR Generator di sini https://csrgenerator.com/

CSR Generator
setelah anda memasukkan data diri dan negara serta organisasi anda,klik Generate CSR,kemudian akan tampil Kode request CSR anda,kode tersebut seperti gambar dibawah ini.

copy hanya Certificate request (RSA Private Key jangan disertakan) dan masukkan kode CSR anda jika saat proses pendaftaran SSL Certificate diminta oleh admin

untuk membuat SSL anda bisa memilih tergantung keperluan,ada Symantec,Comodo,Truste,GEOTrust dll.

5. Tingkatkan Konversi,karena dengan konversi maka onlineshop anda akan selalu menrik untuk dibaca.
6. Minimalkan Skimmed pada artikel (Pembahasannya Juga ada di blog ini)

dan untuk optimasi onlineshop selanjutnya yang ingin anda cari semuanya juga terdapat di blog ini,anda tinggal mengikuti langkah seperti saya sebutkan tadi dengan mencarinya di kolom search diatas.

semoga dengan apa yang saya sampaikan dapat memberi manfaat,dengan optimasi yang sesuai dan positif,semoga dapat meningkatkan hasil penjualan anda selaku pelaku bisnis online.

terima kasih


Jika Video Dapat Gangguan Klik Button >>

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Yuk ! Kita budayakan relevansi berkomentar dan tidak membuat SPAM