Optimasi
Seoptimasi: 60 Cara Meningkatkan Pemasaran Online Shop : E-Commerce

60 Cara Meningkatkan Pemasaran Online Shop : E-Commerce

Meningkatkan Pemasaran Online dari sebuah situs web E-commerce/Online Shop biasanya merupakan tugas yang sangat menantang. Hal ini karena para Pemasar Online dan SEO Profesional harus mengoptimalkan situs web mereka untuk mencapai peringkat yang lebih baik di Search Engine, mereka harus meningkatkan pengalaman pengguna/User Experience, mereka harus menggunakan semua Channel yang tersedia untuk mempromosikan bisnis online dan di atas itu semua mereka juga harus menemukan cara untuk meningkatkan tingkat konversi dan meningkatkan penjualan.


Meningkatkan Pemasaran Secara Online

Beberapa minggu yang lalu saya telah mengeluarkan sebuah Checklist SEO yang rinci dengan 60 list  penting dan perlu dilakukan sebelum membuat sebuah situs web. Pada artikel ini daftar ke-60 tips SEO penting dan teknik pemasaran online tersebut yang dapat digunakan untuk meningkatkan Pemasaran Online dari sebuah situs web e-commerce akan saya bahas. Daftar/list yang langsung menyentuh pada beberapa bagian berbeda dari proses optimasi hingga tips tersebut saya kelompokkan dalam 8 kategori seperti yang tersebut dibawah ini :

Struktur Link

1. Gunakan URL yang SEO Friendly yang mengandung Keyword penting dari setiap produk atau kategori.

2. Hati-hati memilih kategori Anda dan gunakan struktur link segitiga.


Struktur Link Segitiga

3. Gunakan Struktur link seperti "example.com/product1" daripada memilih seperti struktur URL  "example.com/cat1/procuct1" jika Anda memiliki beberapa kategorisasi. karena dapat menciptakan masalah duplikat konten walau tanpa sengaja.

4. Hubungkan Link Direct situs Anda secara langsung pada produk-produk terbaik Anda.

5. Hindari duplikat konten dengan menggunakan URL kanonik. Jangan memisah produk yang sama tetapi berbeda warna dan ukuran

6. Hilangkan semua Dangling dan Link yang rusak dengan menggunakan Link Structure Tool.   

Optimasi On-Page



7. Melakukan Riset Keyword dan mencari tahu bagaimana cara orang mencari produk Anda.

8. Gunakan Halaman Judul yang menarik,Unik dan tertarget.

9. Gunakan Kosa Kata yang singular dan lebih jamak . Periksa tren dalam industri Anda untuk melihat yang lebih populer.

10. Jangan menggunakan deskripsi produk asal dari produsen untuk menghindari masalah duplikat konten.

11. Optimalkan halaman Anda untuk Keyword yang ditargetkan dan periksa Peringkat keyword tersebut dengan Keyword Analyzer Tool.

12. Jangan membuat konten yang singkat dan halaman yang tidak diperlukan.Google Panda yang mengawasi Anda!

13. Cobalah membuat tampilan Kalimat agar tampil di SERP untuk meningkatkan CTR.

14. Gunakan schema.org untuk label detail produk dan harga.

15. Update konten Anda secara teratur untuk tetap segar.

16. Optimalkan gambar Anda (nama,file, alts, teks) untuk meningkatkan Traffic melalui Image Search.

Link Building

17. Gunakan Anchor Teks tertarget dengan menggunakan Keyword yang muncul di judul masing-masing produk / kategori.

18. Menganalisis link building campaigns dari pesaing Anda dan cobalah untuk mendapatkan link dari sumber yang berkualitas tinggi.

19. Gunakan hyperlink teks untuk menghubungkan antara produk dan kategori.

20. Membuat link yang mengarah langsung ke halaman arahan produk tidak hanya pada homepage.

Design dan Pengalaman Pengguna

21. Manfaatkan dengan Optimal Interaksi dengan Pengguna.

22. Buat Template yang menarik, user friendly dan desain yang profesional.

23. Gunakan "lencana keamanan" (McAfee, VeriSign, Better Business Bureau atau Direct Marketing Association) untuk mendapatkan kepercayaan dari pengunjung Anda.

24. Jangan membingungkan pengunjung dengan sejuta opsi pilihan.

25. Tawarkan semua fitur keren seperti "Tambahkan ke daftar keinginan", "Kirim Email peringatan jika produk telah tersedia", "langganan News Letter" dll semua itu sangat  baik untuk pengguna dan mereka dapat membantu Anda meningkatkan tingkat konversi.

26. Gunakan beberapa gambar dan video yang menampilkan produk andalan.

27. Pastikan bahwa website Anda adalah cross browser.

28. Jauhkan kata “check-out” dan permudah proses pembayaran secara sederhana untuk meningkatkan tingkat konversi Anda dan mengurangi tingkat ditinggalkan pengguna dari Shopping cart.

29. Mengurangi waktu loading website Anda dengan meminimalkan ukuran file css / js / gambar dan dengan menggunakan mekanisme caching.


Struktur dan Arsitektur Website dan Blog

Desain Web

30. Hati-hati memilih platform E-commerce yang akan Anda gunakan. Pastikan bahwa itu selalu diperbarui secara teratur, apalagi yang banyak memiliki plugin, terutama bagi yang didukung oleh komunitas  aktif atau sebuah  perusahaan,yakinkan dulu bahwa itu adalah benar-banar SEO Friendly. Jangan pilih platform hanya berdasarkan biaya.

31. Buat HTML & XML Sitemaps dan mendaftarkannya ke berbagai Search Engine.

32. Hindari menggunakan AJAX, Flash dan teknologi Non SEO Friendly lainnya untuk bagian-bagian penting dari halaman Anda.

33. Pastikan bahwa Sesi ID tidak muncul dalam URL. Hal ini dapat menciptakan masalah duplikat konten.

34. Urutkan produk-produk di halaman Paginasi Utama. Pastikan bahwa yang paling penting / menjual / produk terbaik serta populer muncul pada daftar Pertama dan Utama.

35. Buat produk RSS feed.

36. Tambahkan Gadget Pencari untuk mencari produk tertentu berdasarkan nama, merek, harga dan karakteristiknya.

Promosi Melalui Sosial Media

37. Tambahkan tombol media sosial di tempat strategis halaman Anda.

38. Gunakan review produk dan peringkat.

39. Gunakan Kontesisasi produk internal untuk menghasilkan Buzz positif bagi perusahaan Anda.

40. Buat blog dalam situs Anda dan menulis review untuk produk andalan.

41. Gunakan iklan PPC untuk mendapatkan Traffic bertarget tinggi.

42. Gunakan Pemasaran melalui Email dan tetap berhubungan dengan pelanggan setia Anda.

43. Mendaftar di Google Merchant Center agar produk Anda muncul di Google Product Search.

44. Periksa apakah pemasaran afiliasi dapat membantu Anda meningkatkan penjualan.kalau iya,gunakan saja

45. Jangan menggunakan metode spam untuk mempromosikan website Anda (spam mail, komentar trolling, dll)

Monitoring

46. Mencari tahu perilaku pengguna dan melihat bagaimana mereka menggunakan navigasi website Anda.

47. Identifikasi klien yang baik untuk menjadi salah satu langganan , meminta feed back mereka dan menghargai mereka dengan menawarkan diskon.

48. Mengidentifikasi tren dan penjualan produk-produk terbaik.

49. Fokus pada tingkat konversi dan membuat perubahan yang sesuai untuk meningkatkan penjualan Anda.

50. Gunakan A / B dan multivariabel Pengujian untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan penjualan.

Faktor Off-Page dan Apa saja yang harus anda miliki

51. Putuskan berapa banyak jenis bahasa yang digunakan untuk mendukung website Anda selain satu bahasa utama dan usahakan Memiliki URL yang berbeda untuk setiap versi bahasa, Hindari menggunakan Cookie.

52. Pilih nama dan TLD dari domain Anda dengan bijaksana. Contohnya “Sebuah com”. Atau TLD negara tertentu agar benar-benar dapat membuat perbedaan dengan website atau blog lain.

53. Tempatkan Hosting website Anda pada perusahaan hosting yang memang benar-benar handal. Pilih dengan bijak negara server website anda.

54. Tentukan apakah Anda harus menggunakan metode Penargetan GEO.

55. Tawarkan versi mobile yang lebih ringan dan sederhana dari situs Anda.

56. Kenalkan produk sejenis untuk pengunjung Anda.

57. Menyediakan berbagai metode pembayaran bagi pelanggan Anda (Kartu Kredit, PayPal, Transfer Transfer Bank dll).

58. Tawarkan metode pengiriman berbeda yang berlaku bagi berbagai Negara atau daerah lokal.

59. Gunakan robots.txt untuk memastikan bahwa spyder mesin pencari tidak dapat mengakses ke berbagai fitur e-commerce anda,terutama yang fungsinya seperti Add to Basket, complete purchase, add to wishlist ,dll


wishlist

60. Buatlah Penawaran Khusus pada produk yang berada pada erk  Merek Landing Pages untuk meningkatkan penjualan.

Perencanaan

Rencanakan dengan baik apa yang akan menjadi tujuan dengan segala optimasinya,agar apa yang anda usahakan tidak akan menjadi sia-sia,kematangan pikiran dan ketepatan mengambil keputusan adalah faktor yang sangat penting dalam membangun sebuah web e-commerce atawa Online Shop.

Meskipun mengoptimalkan sebuah website e-commerce adalah tugas yang rumit dan menantang, saya percaya bahwa daftar Cheklist SEO di atas mampu membantu anda dalam mengoptimalkan Optimasi yang akan anda buat pada situs Online Shop anda, dan dapat menjadi titik awal yang baik dalam sebuah pertarungan di kancah per-SEO-an local dan internasional.

Apa tips lain yang Anda miliki untuk mengoptimalkan website E-commerce? Silahkan anda menambahkan segala kekurangan dari artikel yang saya tulis ini,berbagi bersama demi kemajuan webber dan blogger Indonesia.

Saya harap anda sukses.

Berikut Video Panduan Meningkatkan Web E-0Commerce/Online Shop

 

1 komentar :

Yuk ! Kita budayakan relevansi berkomentar dan tidak membuat SPAM