Optimasi
Seoptimasi: Meningkatkan SEO Online Shop untuk Target Lokal Indonesia

Meningkatkan SEO Online Shop untuk Target Lokal Indonesia

Pernahkah anda berpikir bahwa yang anda lakukan adalah sesuatu yang salah penerapannya,apakah anda pernah memikirkan jika blog yang anda buat tidak sesuai dengan apa yang hendak anda capai,tapi anda terus saja mengelola blog tersebut hingga kesalahan yang anda buat terus terabaikan tanpa anda sadari hingga menjauhkan blog anda dari Ranking Google.

Apa yang saya maksudkan adalah saat anda mengoptimasi blog yang anda buat secara global,namun audien yang anda inginkan justru hanya berada di jangkauan lokal,bagaimana bisa!,tentu anda pernah melihat sebuah online shop yang ditata dengan baik secara struktural,punya landing page,dan memiliki potensi sourcing yang menjanjikan.namun apa yang terjadi,mayoritas terbanyak yang menjadi pengunjung blog anda justru dari luar negri yang hanya mampir sebentar untuk melihat tanpa membeli,bahkan hanya melakukan skimming tanpa terpancing pada jalur konversi.Jika sudah demikian maka Rupiah yang anda tunggu pun akan seret kemunculannya di rekening anda,karena yang berkunjung hanya mata uang luar negri.

Meningkatkan SEO Online Shop untuk Target Lokal Indonesia

Apa yang hendak anda banggakan?,apakah anda puas jika blog anda banyak dikunjungi para bule!,Traffic yang tinggi atau Penjualan Omset sih yang anda cita-citakan untuk membuat blog.

Jika anda ingin Online Shop anda laku,maka mulailah berjualan secara online,jika anda menjual Handphone kelas atas,maka carilah calon pembeli yang budgetnya sesuai dengan barang yang anda tawarkan,dan jangan coba-coba menawarkannya pada negara tempat sang vendor berasal.berpikirlah lebih bijak secara explicit dan punya kontekstual.jangan menawarkan Obat Peninggi badan pada audien yang sedang membutuhkan obat Pelangsing.lalu dimanakah anda menempatkan kredibilitas blog anda jika demikian adanya?.

Maka,Jika anda ingin Meningkatkan SEO Online Shop untuk Target Lokal Indonesia,jalan yang akan anda tempuh adalah berupapenerapan kode HTML dari Schema Markup

Gunakan Schema Markup

Salah satu tool yang jarang dimanfaatkan untuk SEO lokal adalah Schema Markup. Skema pada dasarnya adalah sekumpulan tag html yang dapat digunakan untuk menampilkan informasi penting dalam daftar mesin pencari seperti lokasi bisnis, review, harga, dan jam buka. Menggunakan skema ini sangat penting karena dapat membantu menampilkan informasi bisnis yang tepat, meningkatkan rasio klik-tayang mesin pencari, dan meningkatkan konversi.

Ada banyak Schema Markup yang berbeda yang dapat digunakan untuk daftar bisnis lokal.jenis schema Markup yang mana yang harus digunakan tergantung pada jenis bisnis, tetapi ada beberapa jenis schema yang flexibel dengan semua daftar lokal. Yang paling penting adalah skema yang menyiapkan NAP (name,adress,phone/nama, alamat, telepon) untuk bisnis karena dapat membantu Search Engine mengidentifikasi data ini (Schema) dan memastikan bahwa hanya informasi yang tepat saja yang akan ditampilkan.



Untuk menggunakan markup skema dengan baik, penting diketahui bahwa letak penempatannya di dekat konten utama. Sebagai contoh, jika informasi NAP ditempatkan di dekat bagian atas kode, kode skema harus ditambahkan sebelum konten teks yang sebenarnya memiliki informasi NAP. Berikut adalah contoh bagaimana harus digunakan. Perhatikan HTML asli dan amati dengan teliti dimana letak perbedaannya.



HTML Original

<h1>Toko Baju dan Celana</h1>
menjual segala bentuk baju dan celana dengan kualitas import
Jl. penjajahan makmur
Jakarta
Handphone : 0985-4433-2766

Dirubah ke bentuk microdata menjadi,

<div itemscope itemtype="http://schema.org/LocalBusiness">
   <h1><span itemprop="name" >Toko Baju dan Celana</span></h1>
      <span itemprop="description">menjual segala bentuk baju dan celana dengan kualitas import</span>
      <div itemprop="address" itemscope itemtype="http://schema.org/PostalAddress">
        <span itemtrop="streetaddress">Jl. penjajahan makmur </span>
        <span itemtrop="addresslocality">Jakarta</span>,
        <span itemtrop="addressregion">id </span>

</div>
 Phone: <span itemprop="telephone">0985-4433-2766</span>

</div>

Bentu HTML Schema tesebut dan beberapa yang lainya memang benar-benar dapat meningatkan SEO anda di daeah targt lokal yang anda inginkan,baik itu rating,jumlah review dan testimonial.

- Rating klik pengunjung sangat berpengaruh terhadap blog bisnis lokal.
- Review digunakan untuk mengetahui seberapa banyak pengunjung yang meninggalkan feedback,semakin banyak Reviews/Ulasan maka anda akan tahu seberapa hebat kepopulerannya.
- Testimonial dapat membantu meningatkan kepercayaan dan konversi,karena akan selalu muncul sebagai teks snippet dan baris diskripsinya.

Schema MarkUp yang tidak kalah penting adalah jenis HTML yang dapat menginformasikan waktu atau jam beroperasi.atau juga mengenai Informasi jenis pembayaran dan sistem navigasi Breadcrumb.

Contoh seperti yang terdapat pada table berikut :

Jengkol Enak
4 stars - base on 250 reviews
Jl. Petai Goreng
Jakarta Indonesia 76577
(021) 274-9880
<a href="http://www.jengkolenak.com">www.JengkolEnak.com</a>

Buka pada :
Senin-Kamis 11am - 2:30pm
Jumat-Sabtu 5am - 9:30pm
Minggu 5pm - 10 pm

Kategori : Makanan Lezat,Restoran Mewah
Harga : Mulai Rp. 5000
Reservasi : iya

Dirubah ke bentuk microdata terlihat seperti beikut ,

<div itemscoe iemtype="http://schema.org/Restaurant">
   <span itemprop="name">Jengkol Enak</span>
  
<div itemprop="aggregateRating" itemscope itemtpe="http://schema.org/AggregateRating">
   <span itemprop="RaingValue">4</span> stars - base on <span iemtropreviewCount">250</span>-? reviews
 </div>
  
   <div itemtrop="address" itemscope itemtype="http://schema.org/PostalAddress">
     <span itemprop="streetAddress">Jl. Petai Goreng</span>
     <span itemprop="AddressLocality">Jakarata</span>
     <span itemprop="AddressRegion">id</span>
     <span itemprop="pstalCode">76577</span>
   </div>
   <span itemprop="telephone">(021) 274-9880 /span>
   <a itemprop="url" href="http://www.ubibakar.com">www.jengkolenak.com</a>

Buka pada :
    <meta itemprop="openingHour" content="mo-we 11:00-14:30">Senin-Kamis 11am - 2:30pm
    <meta itemprop="openingHour" content="fr-sa 17:00-21:30">Jumat-Sabtu 5am - 9:30pm
    <meta itemprop="openingHour" content="su 17:00-22:30">Minggu 5pm - 10 pm
   
    Categori :
    <span itemprop="serverCuisine">
    Makanan Lezat
    </span>,
    <span itemprop="serverCuisine">
    Restaurant Mewah
    </span>
   
    Harga Mulai : <span itemprop="priceRange">mulai Rp.5000</span>
    Reservasi : iya
</div>

Misalnya saja ada sebuah restaurant lokal yang mmpunyai domain utama yang tercantum dalam daftar pencarian. Dengan menggunakan link breadcrumb yang mengarah ke halaman yang berbeda seperti halaman menu mereka, Tempat lokasi, dan cara pemesanan, daftar restoran akan mengundang lebih banyak klik.

Singkatnya, menggunakan Schema Markup dapat meningkatkan efektivitas SEO lokal dalam berbagai cara. Daftar skema yang dapat digunakan dapat ditemukan di http://schema.org/LocalBusiness. Schema Markup yang akan Anda gunakan tergantung pada jenis bisnis dan informasi apa yang menjadi pilihan paling akurat dan berfungsi untuk audien anda.

Sebenarnya sangat banyak sumber daya atau tool yan dapat membantu anda dengan mudah meningkatkan SEO blog anda agar lebih maju,aka tetapi kita terkadang kurang mendapatkan informasi yang seharusnya kita buthkan,selain itu juga faktor yang menjadi kendala adalah bahasa yang susah dimengerti.

Dalam Schema Markup tentu masi banyak pilihan alternative untuk kode-kode HTML yang jika anda aplikasikan akan sangat membantu dan mempermudah anda untuk tampil di halaman utama SERP.silahkan anda berkunjung sendiri ke situs resminya.

Semoga apa yang saya sampaikan kali ini bisa membantu anda dalam meningkatkan jumlah klik,reviews dan testimnial blog anda untuk daerah lokal,hingga usaha anda dalam mengelola bi-?sns online bisa terus meningkat pula.amin.

Berikut Tutorial Video tentang Meningkatkan SEO Online Shop untuk Target lokal


2 komentar :

  1. belum paham dengan item-item meta tagnnya gan, bisa doperjelas dalam artikel berikutnya, gan. misalnya; span itemprop --> untuk apa aja, span itemprop --> itu untuk apa aja, aggregateRating-->aturan penggunaannya yang seperti apa aja.

    artikelnya sih ok banget gan, hanya kurang diperjelas sesuai di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih Mas Walidin

      saya yakin sebenarnya anda bukanlah kurang paham,akan tetapi hanya ada beberapa penjelasan yang saya tulis sedikit terlewatkan oleh pandangan anda,karena saya yakin pula anda termasuk orang yang paham pada kode-kode HTML Microdata.
      Namun demikian,Insyaallah akan saya terbitkan penjelasan mengenai fungsi Kode-kode Microdata tersebut, agar para pengunjung yang sudi meluangkan waktu untuk membaca beberapa artikel saya bisa cepat memahami dengan apa yang ingin saya sampaikan,karena kalau di jelaskan secara terperinci melalui kolom komentar ini mungkin tidak akan muat dan akan sangat panjang sekali.

      untuk lebih memperjelas anda sebenarnya bisa langsung membaca ulasannya pada situs resminya,yaitu :

      1. http://schema.org/LocalBusiness.dan
      2. http://www.w3.org/TR/microdata/#names%3a-the-itemprop-attribute..

      disana dijelaskan secara terperinci dari apa yang anda tanyakan,akan tetapi keseluruhannya menggunakan bahasa inggris.

      terima kasih banyak sudah mau meluangkan waktu berkunjung pada blog saya.

      Hapus

Yuk ! Kita budayakan relevansi berkomentar dan tidak membuat SPAM